Review Manfaat Dan Cara Penggunaan Cefradoxil

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula penemuan-penemuan baru yang sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satu bidang yang semakin berkembang itu adalah bidang kesehatan. Kemajuan di bidang kesehatan ini, bisa kita lhat dengan banyaknya mesin-mesin kesehatan baru yang lebih canggih, serta obat-obatan yang semakin banyak. Ngomong-ngomong soal obat-obatan, pada saat ini banyak sekali jenis-jenis obat yang beredar di dunia kesehatan, salah satunya adalah Cefradoxil. Obat ini merupakan salah satu obat antibiotik yang masuk ke dalam jenis sefalosporin, yang merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri seperti radang tenggorokan, kulit, dan ifeksi saluran kemih. Untuk cara kerjanya obat ini yaitu dengan menghentikan pertumbuhan bakteri, antibiotik ini hanya digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan tidak dapat bekerja untuk infeksi virus seperti pilek dan flu. Untuk penggunaan antibiotik sepertinya obat inidapat meningkatkan resistensi atau kekebalan bakteri terhadap obat.

Berikut review manfaat dan cara penggunaan Cefradoxil diantaranya yaitu :

  1. Kegunaannya

Obat ini bisa juga disebut dengan sefadroksil yang merupakan salah satu obat antibiotik dengan penggunaan yang lebih luas, obat ini juga sangat efektif untuk melawan bakteri gram negatif maupun positif. Obat ini juga diketahui sangat ampuh untuk mengatasi beragam infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis kuman dan bakteri, yang diketahui bahwa obat antibiotik ini termasuk dalam golongan obat yang keras dan membutuhkan resep dokter ini yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi kulit, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, infeksi tulang, infeksi saluran kemih, dan juga bisa mengobati infeksi darah.

Tetapi perlu diingat bahwa obat ini tidak dianjurkan untuk mengobati sakit flu, pilek, atau penyakit lainnya yang disebabkan oelh virus. Dikarenakan bahwa obat ini hanya bekerja optimal untuk menghambat pembentukan dinding sel bakteri, dan bukan virus agar tidak bisa berkembang ataupun bertahan hidup. Ada beberapa jenisbakteri dan kuman yang bisa dibunuh oleh antibiotik yang terkandung didalam obat ini yang antara lain Staphylococcus aureus, streptococcus Betahemolytic, Streptococcus Pneumoniae, Proteus Mirabilis, Moraxella Catarrhalis, Klebsiella Sp, dan escherichia Coli.

  1. Cara Penggunaannya

Obat ini di apotek tersedia dalam bentuk sirup untuk anak-anak dan tablet untuk orang dewasa. Dan masing-masing obat memiliki komposisi pada obat sirup tersedia 125 mg setiap 5 ml. Sedangkan untuk obat tablet yaitu cefadroxil 500 mg untuk setiapl 1 gram. Adapun dosis serta lama waktu minum obat ini yang tentunya diresepkan oleh dokter ini akan tergantung pada jenis penyakit atau infeksi yang sedang diobati, dan tingkat keparahan yang dialami serta kondisi kesehatan pasien tesebut. Pada umumnya, 1-2 gram cefradoxil ini bisa dikonsumsi perhari untuk 5-10 hari. Namun perlu diingat bahwa dosis maksimum yang bisa digunakan adalah 4 gram per 24 jam. Sedangkan bagi anak-anak, dosis diberikan yang disesuaikan dengan pada berat badan anak perkilogram serta akan ditentukan oleh dokter. Perlu anda ingat! Bahwa penggunaan obat ini harus digunakan sesuai dengan petunjuk dokter, hal ini dilakukan supaya untuk mengurangi berkembangya bakteri yang resisten serta menjaga efektivitas obat sebagai antibiotik. Dan habiskan semua dosis obat yang diberikan sesuai aturan pakai, jangan pernah membeli obat ini sembarangan tanpa ada resep dari dokter.

Terlepas dari semua itu, bahwa obat yang baik adalah pencegahan. Untuk itu kita harus mencegah terjadinya penyakit pada tubuh kita, salah satunya adalah dengan cara membiasakan pola hidup yang sehat. Selamat mencoba!